3 Rumah, Bengkel, dan Konter HP di Klakah Ludes Terbakar

Kebakaran di Desa Klakah. (cw7) 
Lumajang, Motim - Kebakaran hebat terjadi di Jalan Ranu Dusun Pesantren, Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Minggu (27/9) sore. Kebakaran tersebut menghanguskan 5 bangunan sekaligus. Ada 3 rumah, bengkel, serta konter HP ludes terbakar.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, pemicu kebakaran itu diduga adanya konseleting listrik di rumah milik Haisal. Api yang membesar kemudian menyambar bangunan lain di sekitarnya.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.45 WIB. Saat kejadian, angin berhembus sangat kencang. Sehingga api dari rumah Haisal dengan cepat membakar rumah di dekatnya, serta bangunan bengkel dan konter HP.

Selang beberapa saat, petugas pemadam kebakaran (damkar) Satpol PP dan BPBD Lumajang tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 17.15 WIB.

Ada 2 mobil damkar yang dikerahkan dan langsung melakukan penanganan dengan menyemprotkan air ke titik api. Sementara anggota Koramil Klakah dan Polsek Klakah membantu untuk mengatur lalu lintas di lokasi.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, pihaknya turut serta mensuplai air ke tangki damkar agar tetap beroperasi.

"Ada 2 tangki droping air milik BPBD yang membantu menyuplai ke tangki damkar, dari swasta juga ada yang ikut membantu," katanya.

Sekitar Pukul 18.45 WIB, 1 tangki damkar Fuso milik PMK Satpol PP tiba untuk melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Pemadaman dan pendinginan selesai sekitar pukul 19.30 WIB. 

"Alhamdulillah, semua aman dan lancar," katanya.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya mengalami kerugian materiil. Sedangkan pemilik rumah masih mengalami syok atas peristiwa yang menimpanya. (rus)