5 Ribu Lebih UMKM di Lumajang Ajukan Bantuan Rp 2,4 Juta dari Pusat

5 Ribu Lebih UMKM di Lumajang Ajukan Bantuan Rp 2,4 Juta dari Pusat
Lumajang, Motim - Sejak pendaftaran bantuan modal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Pemerintah Pusat, pelaku UMKM di Kabupaten Lumajang berbondong-bondong mendatangi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lumajang.

Para pelaku UMKM di Lumajang tak melewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta dari Pemerintah Pusat tersebut. Saat ini pun total ada 5 ribu lebih UMKM di Lumajang yang sudah mengajukan bantuan tersebut.

“Totalnya sudah 5 ribu lebih,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lumajang Suharwoko, Selasa (1/9).

Ia menyebut, dalam sehari, bisa sampai seribu pemohon yang datang ke Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lumajang. “Dalam sehari bisa 800 sampai seribu pemohon yang datang ke sini,” ungkapnya.

Lanjutnya, pendaftaran tersebut bisa sewaktu-waktu ditutup oleh pusat jika kuota 12 juta UMKM se-Indonesia sudah terspenuhi. “Belum ada ketentuan sampai kapan, pokoknya kalau kuotanya 12 juta (UMKM) sudah tercapai akan ditutup sewaktu-waktu oleh pusat,” ucapnya.

Ditanya terkait tahapan selanjutnya, yakni mengenai verifikasi, dirinya masih belum mengetahui bagaimana nanti mekanisme verifikasinya. “Nanti pusat yang akan verifikasi, kita langsung mengirimkan ke pusat, tergantung pusat turun atau enggak. Kita sekedar mengajukan saja,” pungkasnya. (fit)