Ada 44 Tenaga Kesehatan di Lumajang Positif Covid-19

RSUD Pasirian. (*)

Lumajang, Motim - Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Lumajang terbilang masih tinggi. Penyumbang tingginya angka Covid-19 diantaranya dari para tenaga kesehatan di rumah sakit. Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo menyebut, data terakhir ada 44 tenaga rumah sakit yang terpapar Covid-19.

“Diantaranya di Rumah Sakit Pasirian, Rumah Sakit dr. Haryoto, dan Rumah Sakit Jatiroto,” katanya pada Memo Timur, Senin (14/9).

Ia menyebut tenaga kesehatan yang paling banyak terkena Covid-19 adalah di RSUD Pasirian. “Ada 22 orang yang terkena,” ungkapnya. Sementara di RSUD dr. Haryoto ada 6 orang, dan sisanya di RS Jatiroto.

Menurutnya, indikasi penularan tersebut dari pasien Covid-19 kemudian menular ke salahsatu staf atau petugas medis, lalu menular ke yang lainnya. Tindakan yang dilakukan saat ini adalah pembatasan pelayanan di ketiga rumah sakit tersebut.

“Sudah seminggu ini, Rumah Sakit Pasirian tidak memberikan pelayanan penuh, hanya melayani IGD dan poli, rawat inapnya tutup, operasinya tutup, kamar bersalin tutup. Kalau di Rumah Sakit Jatiroto ada pembatasan pelayanan di IGD,” ujarnya.

Sementara di RSUD Haryoto, hanya ada penutupan di salahsatu poli saja. “Yang lainnya tetap buka, karena sedikit (yang positif Covid-19), hanya 6 perawat,” tegasnya.

Para tenaga kesehatan yang positif Covid-19 tersebut, sebagian besar menjalani isolasi mandiri di rumahnya. “Sebagian kecil dirawat kalau ada gejala sakit. Sekarang kan tanpa gejala harus dirawat di rumah, tanpa perlu di rumah sakit,” pungkasnya. (fit)