Dindag akan Bangun Pusat Kuliner di 2 Tempat

Lumajang, Motim - Setelah sekian bulan masyarakat Lumajang terkungkung pandemi covid 19. Kini ada kabar gembira bagi pecinta dan pegiat kuliner.
Dindag akan Bangun Pusat Kuliner di 2 Tempat
Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Dinas Perdagangan, Heru Kuncahyono

Pasar Artagama dan pasar Higienis yang selama ini tidak difungsikan dengan baik akan disulap menjadi foodcourt (pusat kuliner).

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Dinas Perdagangan, Heru Kuncahyono menyampaikan bahwa kedua pasar tersebut akan difungsikan menjadi pusat kuliner. "Rencananya akan dijadikan pusat kuliner," katanya saat ditemui Memo Timur di kantornya, Rabu (2/9/20), siang.

Rencana awal, renovasi pasar tersebut akan dilaksanakan tahun 2020. Namun karena terjadi pandemi covid 19 dan pengalihan anggaran (self blocking), akhirnya ditunda tahun depan.

"Kalau anggarannya cukup, Insya Allah tahun depan," jelasnya.

Konsepnya, kedua pasar tersebut akan dibuat seperti pujasera atau Pusat Jajanan Rakyat (PJR), seperti yang ada di dekat stasiun lama. Bagian dalam akan dikhususkan untuk kuliner, sedangkan di luar akan ditempati permainan anak.

Informasinya, pasar Artagama akan dibangun kios-kios membentuk letter L sekitar 30 kios. Sedangkan di pasar Higienis, bagian dalam akan dibuat lesehan, sedangkan kios yang ada, tetap.

Disinggung soal bagaimana proses sewa kios tersebut, Heru menyampaikan bahwa yang diperioritaskan adalah PKL (Pedagang Kaki Lima) di jalan yang ijinnya masih aktif dan memiliki bedak (tempat) sebelumnya. "Yang ijinnya masih aktif akan kita utamakan Mas," jelasnya lagi.

Selama ini pasar Artagama kondisinya kurang terawat, sehingga banyak anak-anak muda yang menyalah gunakan tempat tersebut untuk mengkonsumsi komik sasetan. Hal ini terbukti dengan banyaknya sampah bekas obat batuk tersebut.

"Semoga tahun depan bisa terealisasi, agar tidak dijadikan tempat seperti itu," harapnya.(rus)