Bupati Lumajang Ingin Angkasa Yudha dan Sikatan Daya jadi Event Militery Tourism

Latihan Militer di Lapangan AWR Desa Pandanwangi. (rus)

Lumajang, Motim - Angkasa Yudha dan Sikatan Daya merupakan kegiatan latihan militer yang dipusatkan di Lapangan Air Weapon Range (AWR) Desa Pandawangi, Kecamatan Tempeh. Bupati Lumajang Thoriqul Haq berkeinginan latihan tersebut menjadi Event Militery Tourism.

"Saya berkeinginan untuk menjadikan itu Event Militery Tourism. Harapannya ini kami bisa kolaborasi terkait kegiatan tersebut, terkait infastrukturnya," ujarnya. Kegiatan latihan tersebut dinilai memiliki potensi event berkelas internasional dan tidak semua daerah memiliki.

Apalagi saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang saat ini tengah memprioritaskan pembangunan di sektor pariwisata. Karena banyak potensi wisata di Kabupaten Lumajang yang bisa saling terhubung.

Namun bupati menyadari banyak fasilitas dan infrastruktur yang harus diperbaiki terkait peningkatan potensi wisata tersebut. Pembangunan sektor pariwisata diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.

"Saya berkeinginan sekali agar potensi yang ada di Lumajang bisa terekspos ataupun potensi lain untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lumajang," katanya saat menyambut kedatangan Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, Letjend, AM. Putranto, Kamis (10/9).

Sementara, Letjend. AM. Putranto yang juga Pembina Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pusat menyatakan siap untuk membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

IOF sendiri adalah sebuah organisasi di Indonesia yang mewadahi para penggemar kegiatan off-road, kompetisi, rekreasi dan sosial kemasyarakatan. "Kami siap membantu, menggerakan teman-teman yang memiliki potensi untuk jaringan untuk pengembangan potensi wisata," ujarnya. (fit)