Empat Tahanan Kejaksaan Lumajang Positif Covid-19


Lumajang, Motim - Ada 4 tahanan dari Kejaksaan Negeri Lumajang yang positif Covid-19. Empat tahanan tersebut diketahui positif, setelah diambil dari tahanan Polres Lumajang dan akan dititipkan ke Lapas Lumajang.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lumajang Arie Candra, SH menceritakan, pada Selasa (1/9) lalu, pihaknya berniat memindahkan 14 tahanan dari Polres Lumajang untuk dititipkan ke Lapas Lumajang. Karena sudah pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan.

Ketika akan dimasukkan ke Lapas Lumajang, 14 tahanan itu harus mengikuti prosedur rapid test. Hasilnya, ada 4 diantaranya yang reaktif. Sehingga kemudian 4 tahanan itu di tes swab, dan hasilnya positif Covid-19.

“Sementara 10 tahanan lainnya, juga di tes swab pada hari berikutnya dan ternyata hasilnya negatif,” ungkapnya.

Pihaknya kemudian berkoordinasi terkait penanganan 4 tahanan yang positif tersebut dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lumajang. Ternyata, mereka tak bisa dirawat di rumah sakit karena tak ada gejala dan harus diisolasi mandiri.

Akhirnya, keempat tahanan tersebut diisolasi mandiri di kantor Kejaksaan Negeri Lumajang. Arie Candra menegaskan, pihaknya telah menyiapkan tempat khusus untuk isolasi keempat tahanan tersebut.

“Kita berusaha buat tempat yang memenuhi standar untuk isolasi mandiri. Sambil proses perkara berjalan,” ungkapnya.

Dalam isolasi mandiri tersebut, pihaknya juga mengutamakan protokol kesehatan dan memenuhi kebutuhan keempat tahanan tersebut. “Kita kasih vitamin, makan, fasilitasnya lengkap, sesuai SOP yang melakukan isolasi mandiri,” pungkasnya. (cho/fit)