GenBI: Hindari Narkoba, Fokus Berkarya

Talk show BNN bersama GenBI. (*)
Lumajang, Motim - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember, dan Duta Anti Narkoba Kabupaten Lumajang bersinergi untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dikalangan milenial. 

Mereka menggelar talk show secara daring dan disiarkan di youtube. Pemateri dalam acara dengan tema "Matikan Narkoba Hidupkan Sejuta Karya" itu, diantaranya Wahyudi, S. Sos, selaku perwakilan BNN Kabupaten Lumajang dan Akhmad Theo Fani selaku Duta Anti Narkoba Kabupaten Lumajang.

Team Leader Healthy With GenBI, Faiqoh Ircham menuturkan, talk show ini diharapkan dapat memotivasi generasi milenial untuk bersama-sama meminimalisir penyalahgunaan narkoba. Serta mengajak memperbanyak kegiatan positif untuk bisa mencetak karya baru yang kreatif.

Menurutnya, maraknya penyebaran narkoba menjadi masalah kritis bagi negara. Pasalnya narkoba tidak hanya menyebar di kota besar saja, namun sudah masuk ke pelosok desa. Narkoba juga akan menjadi lebih krusial karena penyebarannya kebanyakan menyasar ke remaja.

“Pemakaian narkoba akan memberikan dampak buruk dan efek ketergantungan bagi pemakainya, sehingga dapat memicu tindakan kriminalitas di tengah-tengah lingkungan sosial, bahkan juga mendorong pergaulan bebas dikalangan remaja. Jika dibiarkan, narkoba dapat merusak nilai dan moral generasi bangsa,” ungkapnya.

Sementara Wahyudi menyampaikan, remaja menduduki peringkat nomor dua sebagai pengguna narkoba terbanyak setelah kalangan pekerja. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang masih labil. Maka sangat diperlukan edukasi pada remaja melalui Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Selain itu Ia juga berharap masyarakat turut berperan dalam pencegahan peredaran narkoba dengan sikap tanggap lapor saat mengetahui adanya penyalahgunaan di lingkungan sekitarnya.

“Menyibukkan diri dengan berkarya adalah salahsatu cara yang dapat digunakan agar terhindar dari narkoba, karena salah satu hal yang akan dikenal adalah karya kita. Dengan dukungan Indonesia yang memiliki banyak kultur dan budaya akan lebih bagus jika para pemuda berani mengeskplor dan menggaungkan seluruh potensi kita di mata dunia, sehingga dunia akan memandang kita,” ungkapnya. (fit)