Hari Pelanggan, PLN Bagi-bagi Cindera Mata

Hari Pelanggan, PLN Bagi-bagi Cindera Mata
Manager Unit Layanan Pelanggan Lumajang, Hendik Purwahyudi bersama pelanggan

Lumajang, Motim - Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September, PLN Unit Layanan Pelanggan Lumajang sapa konsumen dan berikan merchandise (kenang-kenangan).

Manager Unit Layanan Pelanggan Lumajang, Hendik Purwahyudi mengucapkan selamat hari pelanggan bagi seluruh pelanggan PLN di Indonesia, khususnya warga Kabupaten Lumajang. "PLN akan terus berupaya meningkatkan pelayanan demi kenyamanan pelanggan," katanya saat ditemui Memo Timur di kantornya, Jum'at (4/9/20), pagi.

Lanjutnya, apabila ada pelanggan yang ingin melakukan pengaduan atas layanan atau gangguan listrik bisa melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload di Playstore atau Appstore bagi pengguna Iphone. Bisa juga dengan cara melakukan panggilan ke call center (0334) 123

"Pengaduan pelanggan langsung ke call center atau PLN Mobile," jelasnya singkat.

Perlu diketahui, apabila ada keluhan terkait jaringan listrik, PLN bertanggungjawab sampai di KWmeter (meteran listrik). Selebihnya, instalasi milik pelanggan (IMP) merupakan tanggungjawab pelanggan. "Jika meteran listriknya bermasalah akan kita ganti, gratis tanpa biaya," tambahnya.

Apabila pelanggan menggunakan listrik pintar (token) akan ada pemberitahuan pada meteran. Jika di meteran terlihat tulisan "PERIKSA" itu artinya ada kebocoran listrik atau grounding (ada listrik yang mengalir ke tanah/ nyentuh tembok).

"Kalau kebocoran arusnya besar, listrik pintar akan secara otomatis memutuskan arus listrik. Tapi jika bocornya kecil, akan muncul "PERIKSA" Mas," katanya.

Jika muncul tulisan "ERROR" ada kemungkinan terjadi konsleting pada jaringan instalasi listrik atau memang meterannya yang rusak. "Kalau meterannya yg error, kita ganti," tegasnya.(rus)