Imam Suryadi: Anak Memiliki Masa Depan Sendiri

Asisten Pemerintahan Pemkab Lumajang, Imam Suryadi. (*) 
Lumajang, Motim - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lumajang menggelar Kongres Anak di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Selasa (29/9).

Dalam kongres tersebut, banyak dibahas isu terkait hak anak, perlindungan anak, hingga perundungan terhadap anak. Isu-isu tersebut kembali disuarakan oleh Forum Anak Lumajang.

Asisten Pemerintahan Pemkab Lumajang, Imam Suryadi menyampaikan rasa bangga atas prestasi luar biasa yang sudah dipersembahkan anak-anak di Lumajang. Namun Ia menyoroti orang tua yang menjadikan anak sebagai objek obsesi orang tua.

Menurutnya, anak memiliki masa depan sendiri. Sehingga perlu diberikan ruang untuk berkembang dan berkreasi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

"Anak bukan obsesi orang tua yang harus mengikuti obsesi orang tua, anak punya masa depan sendiri, kita sebagai orang tua harus memahami dunia anak bukan anak-anak yang harus memahami dunia orang tua, dunia anak berbeda," terangnya.

Sementara Forum Anak Lumajang menyampaikan sejumlah hal dalam kesempatan ini. Diantaranya mendukung peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan yang ramah anak, Mereka juga mengusulkan penambahan fasilitas olahraga dan taman bermain anak.

Tak hanya itu mereka mendukung pemberantasan kekerasan dan diskriminasi anak penyandang disablitas. Serta mendukung pemberantasan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak serta perlindungan lanjutan terhadap korban. (fit)