Jadi Gugus Depan Terbaik, Tim Kwarda Jawa Timur Datangi MAN Lumajang

Pramuka MAN Lumajang bersama Tim Kwarda Jatim. (man)
Lumajang, Motim - Pramuka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang telah mengikuti Lomba Gugus Depan Unggul tingkat Jawa Timur. Mereka menjadi perwakilan Kabupaten Lumajang setelah berhasil menjadi Juara 1 dalam Lomba Gugus Depan Unggul tingkat Kabupaten. 

Sebagai tindaklanjut lomba tersebut, Tim asesor Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur telah mendatangi MAN Lumajang, Kamis (17/9). Tim tersebut melakukan visitasi dan monitoring.

Kepala Madrasah, H. Hasanudin, M.Pd.I menyampaikan, kegiatan pramuka yang ada di MAN Lumajang berjalan dengan bagus. Ia menyebut, ada 3 prinsip yang dipegang oleh anggota Pramuka MAN Lumajang.

“Pada prinsipnya ada tiga, yaitu religius, terampil, dan inovatif, yang pada pada agama Islam biasa dikenal dengan sebutan dzikir, fikir, dan amal sholeh,” katanya.

Ia juga berharap, Kwarda Jatim juga memberikan pembinaan. “Kepada bapak dan ibu dari Kwarda Jatim selaku asesor, kami sangat berharap kehadirannya tidak hanya melakukan penilaian, tapi yang sangat kami harapkan adalah melakukan bimbingan, pembinaan dan arahan kepada kita semua,” pungkasnya.

Semenara Wakil Ketua Kwarda Jatim, Dr. Sunyoto Hadi Prayitno, M.Pd. menyampaikan, dengan diadakannya kegiatan Lomba Gugus Depan Unggul ini diharapkan seluruh Gugus Depan yang ada di sekolah maupun di luar sekolah bisa meningkatkan pengelolaanya. Sehingga hasil pendidikan yang ada di gugus depan tersebut dapat dirasakan oleh adik-adik khusunya dalam hal pembentukan karakter.

“Kalau di gugus depan ini sudah muncul gugus depan unggul, maka gugus depan disekitar wilayah ini bisa mencontoh dan belajar bersama dengan gugus depan yang sudah dianggap unggul khususnya di kabupaten-kabupaten tertentu,” ungkapnya. (fit)