Jam Kerja Pegawai di Lingkungan Pemkab Lumajang Dikurangi

Pemkab Lumajang. (*) 

Lumajang, Motim - Jam kerja para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang dikurangi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19. Mengingat, pada bulan ini jumlah pasien Covid-19 di Lumajang mengalami kenaikan signifikan.

“Ini upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Serta mengurangi resiko penularan di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) atau instansi pemerintah,” kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat,” Selasa (15/9).

Penguarangan jam kerja ini sudah mulai berlaku sejak Senin (14/9). Kebijakan tersebut. Kata Taufik, berlaku untuk semua pegawai, baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun yang non PNS.

Saat ini, bagi pegawai di OPD yang menerapkan 5 hari kerja, Senin sampai Kamis masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 14.00. Sementara untuk Jumat, masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 14.00.

Bagi OPD yang menerapkan 6 hari kerja, Senin sampai Kamis masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 13.00. Untuk Jumat, masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 10.00. Sementara Sabtu, masuk pukul 08.00 dan pulang 12.00.

Sedangkan untuk Lembaga Pendidikan dan Koordinator Pelayanan Pendidikan (KPP), Senin sampai Kamis masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 12.30. Jumat, masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 09.30. Sabtu, masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 11.30.

“Untuk presensi online melalui aplikasi Siperlu bagi pegawai, juga dilaksanakan sesuai jam kerja baru tersebut,” ucapnya.

Sementara pelaksanaan upacara dan apel bersama ditiadakan. OPD dihimbau agar mengurangi frekuensi kegiatan rapat di ruang tertutup. “Sebaiknya di ruang terbuka dengan pembatasan jumlah peserta dan meminimalisir makan-minum yang bersifat prasmanan,” ujar Taufik.

Jika ada pegawai yang terpapar Covid-19 tanpa gejala, wajib melakukan isolasi mandiri di rumahnya. “Kepala OPD memberikan fasilitasi untuk melaksanakan tugas melalui kerja dari rumah (WFH) dengan memindahkan lokasi presensi pada aplikasi Siperlu,” pungkasnya. (fit)