Janji Belum Terealisasi, PMII ‘Sumbang’ Pemkab untuk Beli CCTV

Janji Belum Terealisasi, PMII ‘Sumbang’ Pemkab untuk Beli CCTV
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat terima sumbangan dari mahasiswa

Lumajang, Motim – Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Janji Belum Terealisasi, PMII ‘Sumbang’ Pemkab untuk Beli CCTVyang sudah 2 tahun menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Salahsatu janji yang mereka tagih adalah pengadaan 1.000 CCTV (Closed Circuit Television). Karena sampai saat ini, janji tersebut masih belum terealisasi sepenuhnya. Para mahasiswa tersebut pun seolah menyindir, dengan memberikan sumbangan uang receh ke Pemkab yang diterima bupati.

"Program CCTV ini kan belum maksimal," kata Ketua Umum, PMMI Lumajang Setiyoso Lastanto.

Ia meminta program janji tersebut bisa direalisasikan, agar Lumajang lebih aman, khususnya dari ancaman begal. “Untuk pengadaan CCTV agar dimaksimalkan supaya Lumajang tidak menyandang predikat Kota Begal," ujarnya.

Selain itu, mereka juga menagih janji lainnya, yakni beasiswa bagi mahasiswa. Mereka ingin, beasiswa tersebut difokuskan pada mahasiswa yang kuliah di Lumajang. "Kami meminta agar bantuan beasiswa lebih difokuskan kepada mahasiswa yang kuliah di Lumajang, agar Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) bisa terangkat,” ungkapnya.

Pihaknya juga pernah melakukan aksi serupa pada tahun sebelumnya. "Tahun lalu kami juga mengadakan aksi yang sama, untuk meminta pertanggungjawaban program janji politik Bupati dan Wakil Bupati," ungkapnya.

Ia menambahkan, yang tidak kalah penting lagi soal keterbukaan informasi, yang sangat tidak update. "Informasi APBD saja masih tahun 2015, sedangkan sekarang sudah tahun 2020," keluhnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Lumajang menegaskan, saat ini sudah terpasang sekitar 130 CCTV di jalan protokol dan jalan nasional. Tahun depan, sudah dianggarkan di masing-masing desa ada 15 CCTV yang akan terpasang.

“Sudah kita persiapkan anggaran di 2021. Artinya, kalau tahun depan masing-masing desa 15 CCTV, ada 198 desa kali 15, ada 2 ribu lebih CCTV. Itu tahun depan,” tegasnya.

Sementara soal beasiswa bagi mahasiswa, pihaknya akan terus melakukan evaluasi. Agar beasiswa tersebut bisa benar-benar terealisasikan dengan maksimal. “Soal beasiswa, kami akan melakukan evaluasi,” ujarnya. (rus)