Kandang Ayam di Desa Pandansari Terbakar, Pemilik Rugi Puluhan Juta

Petugas memadamkan api. (bpbd)

Lumajang, Motim - Kebakaran melanda kandang ayam di Dusun Mrutu, Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kamis (17/9) siang. Akibatnya, pemiliknya, Kartono (41) mengalami kerugian puluhan juta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Api pertama kali muncul di lahan tebu di dekat kandang tersebut.

"Kobaran api kemudian menjalar ke area kandang ayam. Hingga dua kandang tersebut ludes terbakar," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Kepala dusun setempat, Mardi yang mengetahui ini kemudian melaporkan kejadian ini pada kepala desa dan Babinsa setempat. Kemudian diteruskan ke petugas pemadam kebakaran dan BPBD Lumajang.

Petugas dengan dua mobil pemadam kebakaran pun cepat tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 12.25 WIB. "Petugas segera memadamkan api dibantu Babinsa dan warga setempat," ujar Wawan.

Sekitar 30 menit melakukan pemadaman, akhirnya api benar-benar padam total pada pukul 12.55 WIB. Ditaksir pemilik mengalami kerrugian hingga Rp 60 juta. Saat kejadian, kandang tersebut dalam keadaan kosong.

Dugaan sementara, penyebab kebakaran diduga dari putung rokok yang dibuang ke lahan tebu. "Sehingga menimbulkan api dikarenakan cuaca panas serta api cepat menjalar ke kandang ayam yg bersebelahan dengan lahan tebu," pungkasnya. (fit)