Kapolres Siap Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Lumajang


Kapolres Siap Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Lumajang
Lumajang, Motim - Dialog Kerukunan Generasi Muda Antar Umat Beragama digelar di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Kamis (24/9). Dengan tema yang diusung: Generasi Muda dalam Meningkatkan Kualitas Kerukunan Antar Umat Beragama.

Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa, S.H., S.I.K., M.I.K yang hadir dalam kesempatan ini menyampaikan, kerukunan antar umat beragama sangat penting di tengah multi etnis di Indonesia.

“Indonesia memakai Pancasila karena Indonesia multi-agama, maka yang dinaikkan bukan teks salah satu agama, tetapi nilai universal semua agama, yang dikemas dalam Ideologi Negara Republik Indonesia,” ujarnya.
Kapolres Siap Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Lumajang

Pihaknya pun siap mendukung kerukunan antar umat beragama sesuai dengan tugas pokok dari kepolisian. “Tugas Pokok Polri antara lain memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Namun Ia menegaskan, penegakkan hukum yang dilakukan oleh pihaknya harus seimbang dengan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Yaitu apabila melakukan penegakan hukum tidak boleh timbul permasalahan baru dengan kerugian yang lebih besar,” ujarnya.

Sehingga, kepolisian harus menegakkan hukum dengan dua jalur. “Penegakkan hukum yang dilakukan oleh Polri dengan menggunakan dua jalur, yaitu lewat jalur penal (hukum pidana) dan lewat jalur non penal (bukan/di luar hukum pidana),” pungkasnya.

Sementara Pelaksana Tugas Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lumajang, Suharyo mengatakan, di tengah permasalahan yang kompleks saat ini, kerukunan antar umat beragama merupakan kunci utama untuk tetap terjaganya NKRI.

“Di Kecamatan Senduro merupakan salah satu contoh positif terjalinnya kerukunan antar umat beragama yang perlu menjadi contoh bagi wilayah lain,” katanya.

Pihaknya pun akan berupaya agar kerukunan tersebut tetap terjaga. “FKUB Lumajang akan berupaya sekuat tenaga untuk menciptakan dan memelihara kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, selain Kapolres dan Plt Ketua FKUB, hadir juga Pasiops Kodim 0821, Kasat Binmas Polres, Kasat Reskrim Polres, Pengurus FKUB, dan perwakilan generasi muda/ormas kepemudaan. (cho)