Kasus Covid-19 Akhirnya Muncul di Ranuyoso dan Pasrujambe

Data sebaran Covid-19 di Lumajang. (*)
Lumajang, Motim – Kecamatan Ranuyoso dan Pasrujambe, sebelumnya menjadi wilayah dengan 0 kasus positif Covid-19. Namun kini telah ditemukan pasien Covid-19 di kedua kecamatan itu. Artinya saat ini, kasus Covid-19 muncul di semua kecamatan di Kabupaten Lumajang.

Dari data sebaran Covid-19 yang dirilis Dinas Kesehatan Lumajang, kasus pertama di Kecamatan Pasrujambe muncul pada 21 September 2020. Sedangkan di Kecamatan Ranuyoso muncul pertama kali pada 23 September 2020.

Data terakhir, per 24 September 2020, total ada 430 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Kabupaten Lumajang. Sebanyak 228 diantaranya sudah sembuh dan 32 lainnya meninggal dunia.

Kemudian dari 170 pasien Covid-19 yang belum sembuh, 96 pasien dirawat atau menjalani isolasi di rumah sakit dan 74 lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Direktur RSUD dr. Haryoto Lumajang, dr. Halimi Maksum menyampaikan, pihaknya telah menyediakan 26 tempat isolasi. “Kadang penuh, kadang tersisa beberapa,” ucapnya, Kamis (24/9).

Namun jika penuh akan dirujuk ke Rumah Sakit Muhammadiyah Lumajang. “Kalau penuh, ke sana. Sekarang semua pelayanan di Rumah Sakit Muhammadiyah ditutup, khusus untuk pelayanan Covid-19 saja,” tambahnya. Rumah sakit lainnya yang juga merawat pasien Covid-19 adalah di RS Jatiroto.

Selama ini tes swab dilakukan di RSUD dr. Haryoto, namun di Rumah Sakit Muhammadiyah Lumajang, kata dr. Halimi sudah bisa melakukan tes swab juga. “Di Rumah Sakit Muhammadiyah mulai hari ini bisa,” pungkasnya. (fit)