Kasus Covid-19 Bertambah: 76 Isolasi di Rumah, 63 Dirawat di RS

Data sebaran Covid-19 di Kabupaten Lumajang.
Lumajang, Motim - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lumajang masih terus bertambah. Data terakhir, total sudah ada 366 kasus, 199 diantaranya sudah sembuh dan 28 meninggal dunia. Dibandingkan data seminggu sebelumnya, telah ada penambahan 70 kasus positif.

Dari 139 pasien yang masih belum sembuh, 63 pasien menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedangkan 63 pasien lainnya menjalani perawatan di rumah sakit (RS).

Kecamatan dengan kasus positif terbanyak sejauh ini adalah Kecamatan Lumajang dengan jumlah 73 kasus, kemudian diikuti Kecamatan Jatiroto 64 kasus, dan Kecamatan Kunir 44 kasus.

Kemudian ada 2 kecamatan yang masih belum ditemukan kasus positif hingga saat ini. Yakni Kecamatan Pasrujambe dan Kecamatan Ranuyoso.

Untuk menekan angka kasus positif positif, Operasi Yustisi terus digalakkan oleh petugas gabungan setiap hari. Hasilnya banyak masyarakat yang keluar rumah tak memakai masker terjaring operasi tersebut.

Sementara ini masyarakat yang terjaring operasi diberi teguras secara lisan maupun tertulis. Ada yang diberikan hukuman disiplin berupa push-up. Masih belum ada penerapan sanksi denda.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq sebelumnya menyampaikan, setelah dua minggu Operasi Yustisi digelar, akan dilakukan evaluasi. Jika dalam dua minggu itu banyak pelanggaran yang ditemukan, akan ada kebijakan yang lebih tegas.

“Dalam Operasi Yustisi ini, dalam dua minggu ini kami lakukan evaluasi kegiatan kemasyarakatan, yang tak patuh pada protokol kesehatan, yang tak pakai masker, yang tidak ada aturan jarak, yang tidak ada fasilitas cuci tangan, terpaksa dalam dua minggu nanti kami lakukan evaluasi,” ujarnya. (fit)