Khofifah Ingatkan Warga Lumajang Agar Pakai Masker yang Aman dan Benar

Khofifah membagikan masker kepada pedagang di pasar. (*)
Lumajang, Motim - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Lumajang, Minggu (27/9). Tujuan utama kedatangan gubernur adalah menggalakan Program Jatim Bermasker. Khofifah melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat di sejumlah tempat sekaligus membagikan masker.

“Pandemi Covid-19 ini tidak ada yang bisa memastikan kapan berakhirnya. Oleh karena itu, melalui Jatim Bermasker, kami menghimbau masyarakat tertib memakai masker,” ucapnya.

Ia pun mengingatkan masyarakat, agar tidak asal memakai masker. Namun harus memakai masker dengan baik dan aman. “Bermasker yang aman dan benar. Jadi tidak sekedar pakai masker, sehingga ekonomi kita bergerak,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, angka aktif Covid-19 Jatim saat ini terendah diantara provinsi padat penduduk lainnya di Pulau Jawa. “Angka kesembuhan kita juga tertinggi di Pulau Jawa,” ungkapnya.

Bahkan kata dia, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Timur sangat banyak dan berada di atas rata-rata nasional. “Angka kesembuhan di Jatim hampir 9 persen di atas rata-rata nasional,” ujarnya.

Saat ini sudah ada 127 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur. Pihaknya juga akan terus melakukan penambahan laboratorium untuk penanganan Covid-19. “Namun tidak sekedar lab-nya, tapi juga menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia)-nya,” tegasnya.

Karena menurut gubernur, setiap alat kesehatan termasuk laboratorium, harus dikendalikan oleh tim yang sudah memiliki sertifikasi untuk mengoperasikannya. “Jadi tidak hanya sekedar jumlahnya, tapi harus menyiakan SDM-nya, ini yang sekalian kita kondisikan,” pungkasnya.

Khofifah mengawali kegiatan di Lumajang dengan bersepeda dari Pendopo Arya Wiraraja. Ia mendatangi Pasar Baru dan Pasar Klojen untuk membagikan masker dan sosialisasi di sana. (fit)