Masak Air Ditinggal, Rumah di Kelurahan Rogotrunan Terbakar

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api. (bpbd)
Lumajang, Motim - Sebuah rumah di Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang terbakar, Jumat (18/9). Akibatnya bangunan rumah milik Khudori itu rusak parah setelah dilalap api.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 8 pagi. Penyebabnya dari tungku api di dapur yang sedang menyala dan ditinggal pemiliknya.

"Pemilik rumah, Pak Khudori sedang memasak air dan nasi menggunakan tungku, kemudian ditinggal menonton televisi," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Warga sekitar yang melihat kobaran api, seketika langsung melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya. "Namun api begitu cepat membesar dan menyambar bagian atap rumah Bapak Khudori," ungkapnya.

Petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan kejadian ini, langsung datang ke lokasi. Tak butuh waktu lama, petugas dibantu warga dan aparat lainnya berhasil memadamkan api.

"Tak sampai satu jam, Pukul 09.00 WIB api berhasil dipadamkan," kata Wawan.

Akibat kejadian ini, selain bangunan rumah yang rusak, perabotan dapur dan dagangan loak pemilik rumah juga ludes terbakar. "Beberapa perabotan rumah tangga masih dapat terselamatkan," lanjutnya. Wawan menambahkan, Khudori tinggal di rumah tersebut bersama istrinya saja. (fit)