PDAM Lumajang Berganti jadi Perumda Air Minum Tirta Mahameru

Pjs Direktur Perumda Air Minum Tirta Mahameru, Lukman Hakim. (fit) 
Lumajang, Motim - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lumajang resmi berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mahameru. Perubahan ini harus dilakukan mengikuti regulasi dari pemerintah pusat, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Perumda Air Minum Tirta Mahameru, Lukman Hakim menyampaikan, PDAM Lumajang resmi berganti nama sejak 4 September 2020. Bersamaan dengan diundangkannya Peraturan Daerah tentang Perumda Air Minum Tirta Mahameru.

Lukman menegaskan, ada sejumlah perbedaan nantinya ketika PDAM berubah nama. Salahsatunya dalam struktur perusahaan. “Diantaranya terkait dengan direksi, dengan dewas (dewan pengawas),” katanya, Selasa (29/9).

Tak hanya itu, dengan adanya perubahaan tersebut, perusahaan juga dapat mengembangkan bidang usaha lain. Tidak hanya di air minum saja. “Juga bisa di bidang lain, jadi dibuka kran-nya di bidang lain,” jelasnya.

Di awal perubahan ini, kata Lukman, selain fokus pelayanan pada pelanggan, pihaknya akan fokus melakukan penataan Sumber Daya Manusia (SDM) di internal perusahaan. Sekaligus menunggu adanya direktur yang definitif.

Ia pun berharap, secepatnya dibentuk panitia seleksi (pansel) untuk menemukan direktur definitif. “Mudah-mudahan segera dibentuk pansel, ada direktur definitif. Di bawah juga banyak yang plt (pelaksana tugas), di internal ditata SDM-nya,” pungkasnya. (fit)