Pemutihan Pajak Kendaraan: Bebas Denda Bebas Biaya Balik Nama

Pemutihan Pajak Kendaraan:  Bebas Denda Bebas Biaya Balik Nama
Pengelolah Data Pelayanan dan Perpajakan Kantor Bersama Samsat, Fajar Sidiq, Se.

Lumajang, Motim - Setelah berakhirnya masa diskon (potongan harga) pajak kendaraan yang besarannya berkisar 5-15% untuk warga Jawa Timur. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan program kebijakan pemutihan pajak kendaraan.

Pengelolah Data Pelayanan dan Perpajakan Kantor Bersama Samsat, Fajar Sidiq, Se., menyampaikan bahwa Gubernur Jatim membuat kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk memacu pendapatan daerah dalam masa pandemi covid 19.

"Terhitung per 1 September sampai 28 November," katanya saat ditemui Memo Timur di kantornya.

Semenjak program ini berlangsung, antusias masyarakat Kabupaten Lumajang sangat tinggi, karena momen-momen seperti ini nampaknya sangat ditunggu pemilik kendaraan bermotor.

Fajar juga menjelaskan, bedanya program diskon pajak dengan pemutihan adalah pemberian potongan harga pajak kendaraan tahun terakhir dengan besaran antara 5 persen hingga 15 persen, tergantung jenis kendaraannya. Sedangkan pemutihan yaitu pembebasan biaya keterlambatan atau bebas denda pajak.

"Bebas denda juga bebas biaya balik nama," katanya.

Informasi bagi masyarakat Lumajang bahwa mobil Samsat keliling sudah beroperasi kembali sejak tanggal 2 September 2020. Bagi warga yang ingin membayar pajak kendaraan bermotornya bisa langsung mendatangi mobil Samsat keliling sesuai jadwal sebelumnya.

Samsat juga menambahkan pos pelayanan bagi kendaraan roda dua yang berada di sisi timur kantor Samsat. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih, pelayanan tetap di dalam seperti biasa.

"Ini untuk mencegah kerumunan warga sebagai bentuk antispasi Covid-19 Mas," jelasnya singkat.(rus/cho)