Perhutani Bersama Ikatan Pelajar NU Lakukan Penghijauan

Perhutanu bersama Ikatan Pelajar NU.
Lumajang, Motim - Perhutani Lumajang bersama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama melakukan penghijauan di kawasan hutan Petak 20B RPH Ranupakis BKPH Klakah.

Selain Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama dari Kecamatan Klakah dan Kecamatan Randuagung, dalam kegiatan itu juga hadir Kepala Desa Papringan bersama perangkat juga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sari Tani.

Asisten Perhutani BKPH Klakah SKPH Lumajang KPH Probolinggo Soebagio Aries yang hadir dalam penghijauan tersebut, menyampaikan ini merupakan aksi kepedulian terhadap kondisi hutan saat ini.

“Kegiatan ini semata-mata untuk hijaukan hutan,” katanya.

Pihaknya juga prihatin dengsn kondisi mata air di wilayah tersebut, karena mengalami penurunan. Sehingga sangat penting untuk menjaga lingkungan demi kelestarian alam di sana.
Salah satu cara untuk mengatasi kondisi mata air tersebut adalah perbanyak menanam pohon untuk konservasi lingkungan dan sumber mata air dengan tanam tanaman sejenis beringin, bambu, dan lainnya.

"Kegiatan ini selain untuk hijaukan hutan juga untuk melestarikan sumber mata air. Dengan kegiatan ini minimal tidak menurun lagi," ujarnya.

Aries juga menjelaskan bahwa ada cara lain yaitu dengan membuat biopori atau sumur resapan. “Membuat lubang di halaman rumah yang difungsikan untuk menampung air hujan. Budaya ini telah lama ada di masyarakat,” tambahnya.

Perhutani pun berharap agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam. “Kita menghimbau masyarakat agar ikut melestarikan hutan. Serta berkontribusi nyata dengan melaksanakan penanaman, tidak merusak hutan, tidak melakukan perburuan satwa,” pungkasnya. (fit)