Positif Covid-19 di Lumajang Tembus 312 Kasus

Data Covid-19 di Kabupaten Lumajang. (*)

Lumajang, Motim - Angka positif Covid-19 di Kabupaten Lumajang mengalami lonjakan yang signifikan. Data terakhir per 14 September 2020, sudah menembus 312 kasus. Dari total tersebut, 165 orang sudah sembuh dan 25 orang meninggal dunia.

Bahkan pada bulan ini, jumlah penambahan kasus baru sudah pecahkan rekor bulan-bulan sebelumnya. Tercatat sudah ada 107 kasus baru di bulan September. Kondisi ini menurut Sekretaris Daerah Agus Triyono, sudah mengkhawatirkan.

“Statistik penambahannya mengkhawatirkan. Sudah mengalahkan rekor dari bulan-bulan yang lalu,” ucapnya dalam rapat bersama Forkopimda dan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Lumajang, Senin (14/9) malam di Gedung Panti PKK.

Semua pihak pun, kata dia, patut waspada dengan peningkatan jumlah kasus tersebut. “Perlu kita waspadai bersama,” ujarnya. Tapi dari sekian kasus yang ada, banyak pasien positif yang yang tanpa gejala. “Dalam pengembangannya, banyak yang OTG (Orang Tanpa Gejala),” ungkapnya.

Agus Triyono menambahkan, di sisi lain, dari 21 kecamatan yang ada, Ranuyoso dan Pasrujambe menjadi kecamatan yang tercatat belum ada kasus positif Covid-19 sama sekali. Sejak kasus pertama kali di Kabupaten Lumajang pada Maret 2020.

Sementara Dinas Kesehatan Lumajang melaporkan, dari 122 pasien Covid-19 yang belum sembuh, 65 orang diantaranya menjalani isolasi mandiri di rumah karena tanpa gejala. Sementara 57 orang lagi menjalani isolasi di rumah sakit. (fit)