Progres Tol Lumajang di Tahap Penentuan Trase

Bupati Lumajang menemui mahasiswa PMII Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim – Pembangunan jalan tol di Lumajang menjadi salahsatu janji politik Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Ia menegaskan, saat ini progres pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang itu sedang di tahap penentuan trase.

“Sekarang memutuskan trasenya,” katanya kepada para mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lumajang, ketika menggelar aksi di depan Pemkab, Kamis (24/9). Mereka menagih janji politik Thoriqul Haq-Indah Amperawati yang sudah 2 tahun menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Bupati menyampaikan, dalam penentuan trase ini juga dibahas mengenai jalur pintu masuk dan pintu keluar tol di Lumajang. Pihak Pemkab Lumajang juga diberi kewenangan untuk menentukan pintu keluar.

“Tidak serta merta pemerintah pusat berkeputusan sendiri, tetapi melibatkan daerah. Termasuk exit tol. Saya, Pemkab Lumajang, minta 2 pintu tol. Satu di pertengahan Ranuyoso-Klakah, yang kedua, exit tol di sekitar Kedungjajang,” ujarnya.

Selain itu, mengenai rest area, pihaknya ingin nantinya memiliki konsep Pasar Buah. Ia berharap, tahapan-tahapan tersebut bisa diselesaikan tahun ini. “Semoga tahun ini (diputuskan) trasenya, exit tol, dan rest area,” ujarnya. Setelah ditentukan, baru ke tahap selanjutnya, yakni pembebasan lahan.

Thoriq menambahkan, pembangunan jalan tol ini sudah menjadi prioritas pemerintah pusat dan disetujui oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019. (fit)