SKD Bisa Bantu Optimalkan Kampung Tangguh

Kampung Tangguh Banjarwaru. (*)

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan, Satgas Keamanan Desa (SKD) bisa berperan untuk mengoptimalkan Kampung Tangguh Semeru. Menurutnya, SKD yang ada di setiap desa berperan krusial dalam mendukung program Kampung Tangguh yang digagas Polda Jatim.

Tak hanya itu, kata dia, fungsi SKD dalam Kampung Tangguh Semeru tidak hanya untuk melawan Covid-19, namun juga mampu mengatasi berbagai permasalahan lain yang terjadi di desa

"Saya berharap nantinya langkah ini dapat dikolaborasikan sehingga ada semacam satgas kampung tangguh di Jawa Timur hasil kolaborasi antar semua elemen baik dari Satgas Keamanan Desa, TNI, Polri dan yang bisa disinergikan," ujarnya dalam Diskusi Pimpinan Daerah di Royal Regency Club House, Surabaya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol M. Fadil Imran mengapresiasi inovasi Bupati Lumajang dalam mengkolaborasikan SKD dengan Kampung Tangguh sebagai ujung tombak langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di tingkat paling bawah.

"Saya terima kasih kepada kang mas Thoriq yang membuat SKD atau Satgas Keamanan Desa, nilai-nilai kearifan lokal ini perlu kita berdayakan, karena dengan memberdayakan komunitas akan sangat meringankan beban kita," ujarnya. (fit)