2 Ribu Bibit Pohon Ditanam di Bumi Perkemahan

 

2 Ribu Bibit Pohon Ditanam di Bumi Perkemahan
Penanaman bibit pohon di Glagaharum
Lumajang, Motim - Pemkab Lumajang bersama ribuan pemuda melakukan penanaman bibit pohon di Bumi Perkemahan Glagaharum. Lebih dari 2 ribu bibit pohon ditanam di sana. 

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, keterlibatan pemuda dalam penanaman pohon dinilai positif. Menurutnya melalui penanaman pohon ini diharapkan dapat menumbuhkan peran pemuda dalam menjaga dan berkontribusi terhadap alam.

Ia bangga dengan keberadaan Bumi Perkemahan Glagaharum karena akan menjadi destinasi alam unggulan di Jawa Timur. Terlebih Glagaharum menjadi buper pertama di Jatim yang dikelola oleh Kwartir Cabang Pramuka Lumajang yang diketuai oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.

"Bumi perkemahan ini merupakan ide ibu Wakil Bupati, ini sudah dilaporkan kepada Gubernur bahwa ini akan menjadi ikon dan kebanggan di Jawa Timur," ujarnya.

Sementara itu, Indah menjelaskan bahwa gerakan tanam 20 ribu pohon ini untuk menjaga catchment area atau area tangkapan di bumi perkemahan yang memiliki luas 10,5 hektare tersebut. Di Glagaharum juga disiapkan area khusus sepanjang 2,5 Km yang ditanami bambu untuk menunjang area tangkapan air.

"Saat ini kita menanam pohon untuk mengantisipasi longsor-longsor berikutnya, kita ketahui ketersediaan air di Kandangtepus ini cukup baik oleh karenanya catchment area di buper ini yang harus kita jaga dan kita amankan," ujarnya.

Selain itu, Indah juga menuturkan bahwa menanam pohon merupakan gerakan yang mulia. Ia menjelaskan bahwa menanam 1 pohon dapat menyelamatkan 2 nyawa setiap harinya.

"Hari ini kita sedekah oksigen, 1 pohon cukup memberikan oksigen kepada 2 orang, jadi kalau menanam 1 pohon saja berarti sudah sedekah oksigen kepada 2 orang setiap harinya," tutur Indah. (fit)