Angka Kesembuhan Covid-19 di Lumajang Capai 69,3 Persen

Angka Kesembuhan Covid-19 di Lumajang Capai 69,3 Persen
Sebaran Covid-19 di Lumajang

Lumajang, Motim - Kasus Covid-19 di Lumajang memang tercatat terus mengalami penambahan. Namun di sisi lain, jumlah pasien yang berhasil sembuh juga mengalami peningkatan. Dari data terakhir, angka kesembuhan mencapai 69,3 persen.

Data sebaran Covid-19 di Lumajang yang dikeluarkan Dinas Kesehatan per 4 Oktober 2020, saat ini ada 544 kasus Covid-19. Dari jumlah itu, 377 pasien diantaranya atau 69,3 persen berhasil sembuh.

Sementara jumlah pasien Covid-19 yang meninggal ada 48 orang atau 8,82 persen. Sedangkan pasien yang belum sembuh ada 119 orang atau 21,88 persen. Dari jumlah itu 108 pasien dirawat di rumah sakit dan sisanya 11 pasien menjalani isolasi mandiri di rumah.

Hingga kini Lumajang masih masuk dalam kategori Zona Merah atau daerah dengan resiko tinggi. Evaluasi pun sudah dilakukan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) agar Lumajang bisa keluar dari zona merah.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul menjelaskan beberapa langkah yang sudah dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 sejak awal. Namun, beberapa klaster baru telah berkembang hingga muncul klaster keluarga.

"Zona merah ini menghentak kita semua dalam penanganan pencegahan Covid-19, terutama beberapa klaster baru yang kurang diidentifikasi dari awal, kami harus melakukan tracking yang terkonfirmasi untuk mengantisipasi penyebarannya," terangnya.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga telah melakukan langkah-langkah optimal yang itu juga berkoordinasi dengan Forkompinda Lumajang secara intens untuk melakukan pemetaan resiko penyebaran Covid-19. (fit)