Antisipasi Konsleting, Jaringan Listrik Perlu Diperiksa Berkala

Manager Unit layanan Pelanggan PLN Lumajang, Hendik Purwahyudi. (cw7)
Lumajang, Motim - Insiden kebakaran yang kerap terjadi di Kabupaten Lumajang, salah satu penyebabnya karena konsleting listrik. Ketika musim hujan, potensi konsleting listrik dinilai lebih tinggi.

Manager Unit layanan Pelanggan PLN Lumajang, Hendik Purwahyudi menghimbau agar masyarakat melakukan pemeriksaan terhadap jaringan listrik di rumah masing-masing secara berkala. “Dikhawatirkan dalam masa tersebut ada kabel yang aus dan harus dilakukan penggantian. Apalagi saat hujan rawan terjadi konsleting listrik,” ucap, Jum’at (23/10/20).

Khusus untuk daerah yang rawan banjir, Hendik berpesan agar masyarakat pro aktif untuk memastikan jaringan listrik di daerah tersebut dalam kondisi tidak basah. “Jika rumahnya sering terkena banjir, agar segera dilakukan pemeriksaan. Jika terdapat kabel yang sudah aus supaya segera diganti,” katanya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak asal-asalan ketika menyambung kabel. Harus menggunakan kabel sesuai daya yang dibutuhkan. “Perhatikan juga spesifikasi kabel yang digunakan, itu kabel luar apa kabel untuk di dalam ruangan, kan beda,” tegasnya.

Jika hendak memasang jaringan listrik baru yang ditanam di dalam tembok, harus menggunakan pipa kabel. “Hindari menanam kabel tanpa pipa, karena hal itu rawan kebocoran listrik,” katanya lagi.

Yang tidak kalah penting, agar menghindari menyalurkan listrik ke rumah lain. Selain karena rawan terjadi konselting juga untuk memudahkan dalam pengontrolan jaringan listrik, apabila terjadi kendala.

“Listrik memang banyak manfaatnya akan tetapi ada bahaya yang selalu mengintai. Kita tidak boleh sampai lengah apalagi menyepelekan hal itu,” pesannya. (cw7)