Dispora Ajak Pemuda Grobogan menjadi Petani Milenial

Dispora Ajak Pemuda Grobogan menjadi Petani Milenial
Dispora bersama Pemuda Grobogan

Lumajang, Motim - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lumajang terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pemuda. Kali ini pembinaan dilakukan kepada sejumlah anak muda yang tergabung dalam Pemuda Desa Grobogan, Kecamatan Kedungjajang, Sabtu (17/10) pagi.

Dispora ingin Pemuda Grobogan bisa memanfaatkan potensi yang ada di desa setempat. Mereka bisa menjadi petani milenial dan menjadi pelopor. Agar pemuda lainnya di Desa Grobogan bisa mengikuti jejak mereka.

Vendix MTL dari Bidang Kepemudaan Dispora Lumajang menyampaiakan, Pemuda Grobogan bisa mulai berwirausaha. Diantaranya menjadi petani milenial dengan mengolah lahan pertanian secara organik ataupun budidaya ikan.

"Kami siap mendampingi dari awal. Karena jika nanti berjalan lancar, sukses, anak-anak lainnya pasti ingin ikut bergabung," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika para Pemuda Grobogan ingin mengolah lahan pertanian, pihaknya pun akan mendampingi mereka bersama mitra yang bersedia. Untuk saat ini, menurutnya pola pertanian yang baik adalah secara organik.

Dalam pertanian organik, di Lumajang menurut Vendix, mereka bisa didampingi oleh seseorang, Arif Yunianto yang sudah berkecimpung soal itu. Bahkan dia sudah mampu membuat sendiri pupuk cair organik ‘Sari Luhur’. Dan manfaatnya sudah banyak dirasakan oleh banyak petani.

“Jadi didampingi nanti hingga teman-teman bisa berjalan sendiri,” ujarnya.

Sementara jika ingin budidaya ikan, mereka bisa ternak ikan lele, mujaer, dan jenis ikan tawar lainnya. Vendix yang sudah berpengalaman dalam budidaya ikan, siap mendapingi sendiri agar Pemuda Grobogan bisa sukses menjalankan usaha tersebut.

“Kebetulan Saya di rumah juga budidaya ikan,” ujarnya.

Silaturahmi Pemuda Grobogan dengan Dispora serta Arif Yunianto ini digagas oleh Bambang, Yayak, dan Angga selaku penggerak Pemuda Grobokan. Mereka ingin Pemuda Grobogan bisa memiliki banyak kegiatan positif dan bermanfaat. (fit)