Dua Pelaku Sabu Asal Pronojiwo Ditangkap



Lumajang, Motim - Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di wilayah Kabupaten Lumajang marak terjadi. Kondisi ini membuat Satuan Reserse Narkoba Polres Lumajang meningkatkan operasi anti Narkoba di wilayah dalam kota maupun pedesaan.

Senin (26/10/2020), sekira pukul 14.00 WIB, Tim Opsnal Satreskoba berhasil menangkap seorang pria kelahiran Sampang Madura berinisial SG(30), bertempat tinggal di jalan Medayu Utara, Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Dari pelaku ini diamankan sebuah plastik berisi serbuk putih kristal diduga kuat sabu seberat 0,69 gram dan sebuah HP merk Xiomi.

"Pelaku ini ditangkap di sebuah warung kopi yang terletak di kampung renteng Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo Mas," ucap Kasat Resnarkoba, AKP Ernowo kepada Memo Timur.

Tak lama kemudian, di tempat yang sama pihaknya juga menangkap IB, warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. Saat digeledah ternyata ditemukan tiga poket serbuk kristal diduga sabu masing-masing dengan berat 1 gram, dua plastik klip kosong.

Dari IB ini juga diamankan 1 plastik klip berisi 0,19 gram dan satu plastik lagi berisi 0,33 gram dan sebuah HP merk Samsung juga diamankan.

"Total BB diduga Sabu dari IB seberat 3,52 gram," katanya.

Keduanya terus digelandang ke Polres Lumajang. Selain untuk keperluan proses pemeriksaan juga untuk pengembangan, berharap bisa mengungkap jaringannya dan menangkap pelaku yang lainnya.

"Kasus ini terus kami kembangkan," ungkapnya.

Lanjut Kasat Resnarkoba perbuatan pelaku dijerat pasal 114 sub 112 UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. "Sekarang keduanya masih menjalani pemeriksaan," pungkasnya.(cho)