Gudang dan 4 Rumah Terbakar di Randuagung

Petugas berusaha memadamkan api. (cw7)
Lumajang, Motim - Diduga karena konsleting listrik, 4 unit rumah dan 1 unit gudang yang berlokasi di Dusun Krajan 1 RT 01 RW 02 Desa Tunjung, Kecamatan Randuagung hangus terbakar.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Jum’at (23/10/20), sekitar pukul 08.00 WIB. Dalam peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan menelan kerugian hingga sebesar 1 milyar.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan jika kebakaran tersebut bermula dari kepulan asap yang keluar dari gudang penyimpanan toko bangunan milik Erfan, diketahui oleh salah satu karyawannya sekitar pukul 08.30 WIB. Kemudian karyawan yang ada di toko bangunan berlari ke gudang penyimpanan untuk melihat penyebab kepulan asap tersebut.

“Sesampainya di gudang, karyawan toko melihat ada kobaran api di sebelah utara. Dimana diketahui lokasi tersebut terdapat 5 drum aspal, 2 drum tiner dan 1 drum BBM jenis pertalite,” katanya.

Selanjutnya, beberapa karyawan berlari mencari pertolongan warga, sedangkan Erfan menghubungi Babinsa dan Babinkamtibmas setempat untuk membantu melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya.

Tidak lama kemudian datang 3 unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) Lumajang dan langsung melakukan penanganan dengan memadamkan titik api dengan dibantu warga sekitar.

Sekitar pukul 10.00 WIB proses pemadaman selesai dan tidak ada korban jiwa, hanya mengalami kerugian material saja. “Alkhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material,” katanya lagi.

Dalam peristiwa tersebut menghanguskan gudang dan rumah milik Erfan (40) dan rumah milik Faisah mengalami rusak sedang. Sedangkan rumah milik Zaitun atau Bapak Joni dan rumah milik Sukar mengalami rusak berat.

Untuk kerugian lain-lain seperti 1 unit mobil jenis Taft, 1 unit roda tiga merk Kaisar, 8 unit roda dua diantaranya Honda Mega pro, Hondaa XRide, Honda Win, Yamaha 80, 2 unit Honda Beat, Honda Revo dan Honda Supra, semuanya hangus terbakar.

“Proses pemadaman berjalan cukup lancar, sehingga kebakaran cepat teratasi,” pungkas Wawan.(cw7)