Lahan untuk Stokpile Pasir Terpadu Dipersiapkan

Koordinasi Pemkab Lumajang dengan PTPN X. (*)

Lumajang, Motim - Kabupaten Lumajang terus mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk membangun stokpile pasir terpadu. Saat ini Pemkab Lumajang berkoordinasi dengan pihak PTPN X untuk menggunakan lahan di wilayah Kecamatan Sumbersuko.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menerangkan, di Lumajang saat ini memiliki problematika terkait pertambangan pasir. Stokpile terpadu ini menrutnya, menjadi salahsatu solusi untuk menuntaskan persolan pertambangan pasir.

"Carut-marut ini kami coba tuntaskan satu persatu, hingga akhirnya ada semacam inovasi yang menurut kami berdasarkan permasalahan publik yang harus diselesaikan," jelasnya, Rabu (21/10).

Ia menegaskan, Pemkab Lumajang telah mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam percepatan pembangunan stokpile tersebut. Tinggal melengkapi persyaratan untuk menggunakan lahan tersebut.

"Begitu ini menjadi tata kelola yang betul-betul bagi kami, bisa menata seluruh pertambangan pasir yang ada di Kabupaten Lumajang serta hal ini menjadi prototype dalam pengelolaan pertambangan pasir," ungkapnya.

Thoriq berharap ada titik temu serta hasil yang baik bagi pihak Pemkab Lumajang dengan PTPN X terkait penggunaan tanah untuk pembangunan stokpile terpadu itu. "Dengan lahan tanah sekitar 6,1 hektare itu, tentu sangat representatif untuk dijadikan stokpile terpadu," harap bupati.

Di sisi lain, Direktur PTPN X, Aris Toharisman mengungkapkan bahwa dirinya siap mendukung pihak Pemkab Lumajang dalam penggunaan lahan tanahnya untuk digunakan sebagai stokpile terpadu.

"Prinsipnya kami mensupport kegiatan bapak bupati, sebab hal itu memiliki manfaat untuk kemaslahatan masyarakat banyak dan itu menjadi dasar bagi kami," ungkapnya. (fit)