Pemuda Pancasila Tebar 5 Ribu Ikan di Sungai

Lumajang, Motim - Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Lumajang telah menggelar sejumlah kegiatan sosial untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Diantaranya menebar bibit ikan, pembagian masker, dan pembersihan Tugu Pancasila.

Penebaran bibit ikan dilakukan di sungai yang ada di kawasan Kelurahan Jogoyudan. Ada sekitar 5 ribu bibit ikan yang ditebar di sana. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh KOTI, Srikandi dan SAPMA PP.

Kegiatan selanjutnya adalah pembagian ribuan masker pada para pengendara. Ada 6 ribu masker yang dibagikan.

Anggota PP juga melakukan bersih-bersih Tugu Pancasila di sejumlah titik. Masing-masing MPAC minimal membersihkan satu tugu Pancasila yang ada di wilayahnya. Ada yang dibersihkan, ada yang dicat ulang.

Ketua PP Lumajang, Agus Setiawan menyampaikan, acara aksi sosial ini diselenggarakan, selain dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Pemuda Pancasila yang ke–61.
“Aksi sosial ini kita lakukan dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan dan supaya masyarakat mengingat Pancasila, kenapa kita membersihkan tugu Pancasila karena itu sebagai suatu simbol bahwa kita semuanya harus ingat kepada Pancasila jangan hanya membuat tugu kemudian dilupakan begitu saja," katanya.


Ia berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. "Semoga saja aksi kami ini bisa menggugah lembaga masyarakat yang lain dan pemerintah daerah untuk tetap merawat tugu Pancasila," tambahnya.

Ia juga berpesan kepada pemuda di Lumajang, bahwa di sanubari setiap pemuda harus tetap tertanam nilai–nilai Pancasila. “Di dalam jiwa raga kita, di sanubari kita harus tetap tertanam nilai–nilai Pancasila, norma–norma kehidupan masyarakat yang baik jangan sampai tergelincir dalam ideologi–ideologi asing yang akan merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” terangnya. (fit)