Penerima PKH Akan Peroleh Beras 45 Kilogram

Launching penyaluran bantuan beras di Gudang Bulog Baru. (*)
Lumajang, Motim – Keluarga Penerima Manfaat Program (KPM) Keluarga Harapan (PKH) di Lumajang akan peroleh Bantuan Sosial Beras (BSB) 45 kilogram. Ini merupakan bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI. 

Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Lumajang, Imam Suryadi menyampaikan, program BSB bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin melalui pemenuhan kebutuhan pangan beras pada masa pandemi Covid-19.

Lanjutnya, untuk sasaran program BSB, setiap KPM akan menerima bantuan beras 45 kilogram untuk 3 bulan. "Di Kabupaten Lumajang, sasaran program BSB sebanyak 43.558 KPM, dengan total bantuan beras sejumlah hampir dua ton atau 1.960.110 kilogram, dan akan disalurkan ke 248 titik penyaluran," ungkapnya saat launching penyaluran bantuan itu di Gudang Bulog Baru (GBB) Desa Curah Petung, Kecamatan Kedungjajang, Kamis (8/10).

Ia menambahkan, sesuai dengan arahan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Bulog dan Pendamping PKH diminta untuk memastikan kualitas dan pendistribusian beras agar tepat sasaran. "Arahan bupati mohon dipastikan stok beras tercukupi dengan beras medium, diharapkan ada pengecekan kualitas beras dan memantau penyaluran beras agar benar-benar tepat sasaran, kalau ada permasalahan silahkan melaporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Lumajang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dewi Susianti menjelaskan, bahwa pendistribusian program BSB di Kabupaten Lumajang dilaksanakan pada 8-12 Oktober 2020. Sementara, untuk beras yang diterimakan kepada KPM PKH adalah 15 kilogram per bulan selama tiga bulan ke depan.

"Pendistribusian beras akan didistribusikan melalui rumah ketua kelompok dan e-Warung. Mudah-mudahan nantinya tepat waktu dan tepat sasaran," pungkasnya. (fit)