Personil dan Peralatan Disiagakan, Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Personil dan Peralatan Disiagakan, Antisipasi Bencana Hidrometeorologi
Apel Gelar Kesiapsiagaan Terpadu, Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Lumajang, Motim - Memasuki musim hujan, Kabupaten Lumajang mngantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi. Yakni bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, dan puting beliung. Personil gabungan dan peralatan pun disiagakan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

"Tentu kesiapsiagaannya mulai dari kemungkinan adanya banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan rumah yang rusak, itu semua hari ini kita siapsiagakan, serta kesiapan dalam menghadapi bencana juga kita lihat kesiapan peralatannya," kata Bupati Lumaang Thoriqul Haq, usai memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Terpadu, Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi, yang bertempat di Lapangan GOR Wira Bhakti Lumajang.

Ia menerangkan, Kabupaten Lumajang memiliki letak geografis dan kontur tanah yang memiliki potensi terjadinya bencana. Thoriq pun berharap agar ada sinergitas yang kuat antara semua relawan penanggulangan bencana alam dengan pihak BPBD Lumajang untuk kesiapsiagaan mengatasi bencana yang sewaktu-waktu akan terjadi.

Terkait fasilitas dan perlengkapan dalam mengatasi kebencanaan, bupati mengungkapkan bahwa pihak BPBD Kabupaten Lumajang beserta semua tim penanggulangan bencana sudah memiliki kelengkapan property yang memadai untuk mengantisipasi terjadinya bencana sejak dini.

"Kita pada posisi infrastruktur dan peralatan yang saya kira mempunyai kesiapan yang cukup dalam menghadapi bencana," ungkap bupati.

Dirinya mengucapkan terimakasih terhadap pihak BPBD Kabupaten Lumajang utamanya kepada para relawan kebencanaan. Karena selalu siap dalam kesiapsiagaan mengantisipasi serta penanggulangan terjadinya bencana di Kabupaten Lumajang. (fit)