PT LUIS Sudah Penuhi Persyaratan UKL/UPL

Direktur Operasional PT. LUIS, Agus Sulistiono bersama Kepala DLH Yuli Harismawati. (fit)

Lumajang, Motim - Pihak PT Lautan Udang Indonesia Sejahtera (LUIS) mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang, Kamis (8/9). Mereka memenuhi persyaratan untuk medapatkan dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL).

“Pada rapat pertama untuk pembahasan proposal UKL-UPL masih ada yang kurang. Maka kami lengkapi dan kami ajukan lagi. Dan rapat tadi telah disampaikan oleh Kadis DLH, bahwa dokumen kami telah sempurna dan Insyallah ke depan tak akan ada masalah,” ucap Direktur Operasional PT. LUIS, Agus Sulistiono.

Ia menjelaskan, UKL-UPL yang diajukan kali ini adalah untuk di lahan Hak Guna Usaha (HGU) di Desa Selok Anyar Kecamatan Pasirian seluas 20,82 hektare. Sementara lahan HGU lainnya di desa yang sama, seluas 5,8 hektare dan lahan HGU seluas 1,8 hektare di Desa Selok Awar-awar masih belum diajukan.

“Karena IMB (Izin Mendirikan Bangunan) belum kami urus. Jadi kami ajukan ini yang IMB-nya sudah terbit,” ucapnya.

Agus Sulistiono menambahkan, pihaknya secara bertahap mengurus segala perizinan yang dibutuhkan. “Kami bertahap, karena izinnya tidak bisa diurus seketika, mulai HGU, IMB, dan PBB (Pajak Bumi Bangunan) kita lengkapi, baru kita UKL-UPL,” ujarnya.

Bahkan kata dia, selama ini, dalam mengurus perizinan tersebut tidak ada kendala. “Tidak ada kendala apa-apa yang menghalangi atau menghandel kami untuk tidak jalan. Semua berjalan lancar,” tegasnya.

Kepala DLH Lumajang, Yuli Harismawati menambahkan, untuk UKL-UPL yang diajukan PT. LUIS, memang awalnya ada yang perlu dibenahi. Sehingga oleh DLH dikembalikan untuk dilengkapi.

“Kemudian diperbaiki, setelah direvisi dinyatakan lengkap,” ujarnnya.

Yuli menegaskan, pihaknya juga tidak pernah ada intervensi dari pihak manapun untuk menghambat proses perizinan PT LUIS. “Jadi semua proses yang dilalui sesuai ketentuan. Begitu dokumen atau persyaratan lengkap, 14 hari paling lama ini harus kami selesaikan,” pungkasnya. (fit)