Strategi Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Menurut Agus Setiawan

Strategi Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Menurut Agus Setiawan
Pengamat Ekonomi, Agus Setiawan

Lumajang, Motim - Roda perekonomian sangat terdampak Pandemi Covid-19. Pemerintah pun mencoba berbagai strategi yang dinilai terbaik demi pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Pengamat Ekonomi di Lumajang, Agus Setiawan memiliki pandangan tersendiri, agar ekonomi bisa segera bangkit.

Menurut dia, sektor mana yang tidak terlalu terdampak Covid-19, itu yang harus dimaksimalkan. Sehingga orang-orang yang kehilangan pekerjaan bisa berpindah ke sektor-sektor tersebut.

“Sektor mana yang tidak terlalu terpengaruh, sektor-sektor mana yang jadi ‘booster’, artinya yang melibatkan banyak orang,” ucapnya, Minggu (4/10).

Ia mencontohkan, sektor-sektor yang kini tidak terlalu terpengaruh dan bisa melibatkan banyak orang diantaranya, pertanian, industri, perdagangan dan jasa. Dan menurutnya, pemerintah memiliki peran penting di titik ini.

“Dan satu lagi belanja pemerintah, kalau ingin mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah harus kasih insentif dalam bentuk bantuan modal dan lain-lain,” ujarnya.

Lanjutnya, jika pun nantinya proyek infrastruktur dari pemerintah bisa berjalan lagi, itu juga bisa menjadi cara untuk pemulihan ekonomi. Banyak masyarakat Lumajang yang dilibatkan dalam proyek tersebut.

“Bisa meng-create proyek yang bisa melibatkan banyak orang di dalamnya. Misal tahun depan, fokus di infrastruktur,” ujarnya.

Tak hanya itu, bisa juga melalui program-program lainnya yang juga bisa mempekerjakan banyak orang. “Jadi bisa membelanjakan sebanyak-banyaknya di proyek atau program yang melibatkan banyak orang, itu mempercepat pertumbuhan ekonomi kita,” pungkasnya. (fit)