TKI asal Lumajang Dikabarkan Terlantar di Medan

TKI asal Lumajang Dikabarkan Terlantar di Medan
Tangkapan layar unggahan Sa’Diyah di facebook

Lumajang, Motim - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lumajang dikabarkan terlantar di Medan, Sumatera Utara. Kabar tersebut dibagikan oleh akun facebook bernama Sa’Diyah pada 16 Oktober 2020.

Dari identitas yang diunggah, TKI tersebut bernama Yati Binti Hasan, kelahiran 1956 atau sudah berusia 64 tahun. Disebutkan wanita tersebut berasal dari Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian.

Diceritakan, Yati sebelumnya bekerja di Malaysia kemudian dipulangkan oleh pihak otoritas di sana. Sebenarnya Ia harus turun di Bandara Juanda Surabaya, namun entah kenapa Yati turun di Bandara Medan.

Hingga Minggu (18/10) sore, masih belum diketahui pihak keluarganya yang berada di Lumajang. Informasi dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lumajang, Yati sekarang berada di Panti Jompo di Deli Serdang.

“Sekarang ada di Panti Jompo milik Dinsos Deli Serdang,” kata Wakil SBMI Lumajang, Madiono.

Pihaknya pun masih belum bisa membantu untuk memulangkan TKI tersebut, karena informasi atau identitasnya yang masih kurang lengkap. Serta keberadaan pihak keluarga yang ada di Lumajang juga belum diketahui secara pasti.

“Soalnya Bu Yati ini kan belum ketemu orang mana, kalau melihat paspornya memang Lumajang,” ucapnya.

Sementara pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lumajang, ketika dikonfirmasi terkait ini, mengaku masih belum mendapat informasi tersebut. “Sepertinya belum mas,” ucap Sekretaris Disnaker Lumajang, Totok Sudjarwo pada Memo Timur. (fit)