Ubi Madu Pasrujambe Pasok Kebutuhan Industri di Jawa Barat

Ubi Madu Pasrujambe. (*)
Lumajang, Motim – Ubi Madu dari Kecamatan Pasrujambe nampaknya memiliki potensi yang cukup besar. Karena hasil panen dari petani di sana, dipercaya untuk memasok salahsatu industri yang ada di Cirebon, Jawa Barat.

Salahtau petani menyebutkan, ubi dengan grade A dibeli oleh PT. Indowooyang dengan kisaran Rp 5 ribu perkilogram. Sedangkan luasan lahan tanam Ubi Madu di Pasrujambe mencapai 700 hektare.

“Dengan luasan sekitar 600-700 hektar di Pasrujambe, petani ubi disini menjadi penyuplai terbesar di Jawa Timur,” jelasnya.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati pun mendukung para petani untuk mengembangkan potensi tersebut. Ia mengikuti Panen Raya Ubi Jalar di Desa/Kecamatan Pasrujambe, Kamis (15/10).

"Rasanya manis pokoknya luar biasa, ini adalah Ubi Madu Pasrujambe, jenisnya sama dengan Ubi Cilembu, rasanya persis sama, jadi bapak ibu tidak perlu jauh-jauh, cukup ke Pasrujambe saja untuk menikmati Ubi Madu yang luar biasa nikmat," ujar Indah.

Ia juga mengungkapkan, Ubi Madu di Pasrujambe berpotensi bagus dengan luas tanam begitu luas. Melihat potensi yang tinggi tersebut Indah berharap Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan berkolaborasi memastikan produksi pertanian dan akses pasarnya.

"Tinggal nantinya peran petani, jaga kontinuitasnya dan jaga kualitasnya, ini yang penting," tuturnya. (fit)