3 Kafilah asal Lumajang Wakili Jatim di MTQ Nasional

3 Kafilah asal Lumajang Wakili Jatim di MTQ Nasional
Kabag Kesra Setda Lumajang, Mahfud

Lumajang, Motim - Tiga kafilah asal Kabupaten Lumajang berhasil tergabung dalam Kafilah Jawa Timur untuk tampil di Musabaqoh Tilawati Quran (MTQ) Tingkat Nasional. MTQ ke-28 itu akan digelar di Padang, Sumatera Barat pada 12-21 November 2020.

Ketiganya adalah Muchammad Abdul Chamid untuk cabang MHQ Golongan 10 Juz Putra, Refi Indriansyah untuk cabang MKQ Golongan Kontemporer Putra, dan Putri Siti Munfaidah untuk cabang MKQ Golongan Kontemporer Putri.

“Alhamdulillah, Kabupaten Lumajang memberikan kontribusi, ada 3 orang bergabung dengan Kafilah Jatim. Kemudian ada satu pembina dari Lumajang yang direkrut untuk cabang Kaligrafi,” kata Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Lumajang, Mahfud.

Ia menjelaskan, ketiganya berhasil terpilih setelah melewati sejumlah proses di tingkat provinsi. Dua orang diantaranya sudah juara 1 tingkat Jatim dan satu lagi Juara 3. Namun mereka diuji lagi dengan peserta lainnya yang masuk 3 besar.

“Juara 1, 2, dan 3 (masing-masing cabang) diuji lagi. Dilakukan pembinaan selama 6 kali dan beberapa kali pengujian. Sehingga ditetapkan dari Lumajang, terpilih 3 orang itu untuk mewakili Jawa Timur,” pungkasnya.

Sebelum berangkat, ketiga peserta itu menemui Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Bupati pun memberi dukungan kepada mereka. “Selamat mengikuti MTQ Nasional, Insya Allah sukses, jaga kesehatan, jangan sampai sakit, bawa handsanitizer, kembali sehat, kembali membawa prestasi,” ucapnya. (fit)