Belajar Cinta Lingkungan, Siswa SDN 01 dan 02 Papringan Diajak Tanam Pohon

Belajar Cinta Lingkungan, Siswa SDN 01 Papringan Diajak Tanam Pohon
Siswa Siswi SDN 01 Papringan
Lumajang, Motim - Peserta didik SD Negeri 01 dan 02 Papringan ikut berpartisipasi melakukan penanaman pohon di Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Lahan Perhutani Petak 20b, RPH Ranupakis, BKPH Klakah. Penanaman tersebut merupakan upaya warga setempat bersama Memo Timur, Perhutani dan komunitas-komunitas dalam menyelamatkan sumber mata air.

Sumber mata air yang menjadi penopang kebutuhan warga setempat, kini hanya tinggal beberapa sumber mata air saja. Seperti sumber Celok Elang, Kolbek dan Berca yang debit airnya semakin sedikit.

Kepala Sekolah SDN 01 Papringan, Subagiyo, S.Pd.SD yang ikut menghadiri acara penanaman 5000 pohon saat itu menyampaikan, dirinya sengaja hadir untuk mengajak peserta didiknya peduli terhadap lingkungan. “Supaya anak-anak belajar mencintai lingkungan sekitarnya sedini mungkin. Sehingga saat mereka dewasa, bisa menjadi tauladan bagi orang lain,” ucapnya, Sabtu (14/11/20).

Peserta didik yang dikerahkannya itu diambil dari kelas 4, 5 dan 6. Mereka terlihat sangat antusias dan semangat dalam melakukan penanaman. “Anak-anak terlihat semangat sekali, mungkin karena selama pandemi ini mereka jenuh dengan daring,” katanya.

Anak-anak mendapatkan tugas untuk menanam tanaman yang ukurannya kecil, sehingga dalam penanaman tidak memberatkan peserta didik. Sesuai arahan dari Asisten Perhutani, Arief dalam sambutannya, agar sebelum menanam pohon yang dimaksud, supaya mengecek kondisi tanah dalam polibek.

“Jika tanahnya keras, tinggal merobek polibeknya saja lalu ditanam. Tapi kalau tanahnya gembur, harus dipadatkan lebih dulu katanya Pak Asper,” jelas Kasek SDN 01.

Dirinya berharap agar tanaman yang ditanam bisa menjadi pohon yang besar dan menghasilkan buah. Selain bisa dimanfaatkan hasil buahnya juga bisa menyerap dan menahan air ketika hujan. “Semoga upaya kita hari ini bisa menyelamatkan sumber mata air yang ada di Papringan ini,” harapnya.(cw7)