Desa Wajib Prioritaskan Program Gempita Desa

Desa Wajib Prioritaskan Program Gempita Desa
Bimtek Penyelenggaraan Gempita Desa

Lumajang, Motim - Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono meminta kepada Kepala Desa dan Dinas Pendidikan di kecamatan bersama guru-guru di desa masing-masing dapat memprioritaskan program Gempita Desa. Sehingga program belajar tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lumajang.

Ia menyampaikan, terdapat tiga variabel dalam mengukur Indeks Pembangunan Manusia, yakni variabel kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Untuk itu, adanya program Gempita Desa tersebut diharapkan dapat meningkatkan variabel pendidikan masyarakat, sehingga nantinya IPM di Kabupaten Lumajang akan meningkat.

"Saya mengajak kita semua untuk membantu program Pemerintah Kabupaten Lumajang di dalam upaya meningkatkan pengetahuan atau pendidikan formal masyarakat Lumajang. Sehingga harapannya, Program Gempita Desa bisa membantu masyarakat Kabupaten Lumajang di dalam meningkatkan pengetahuan atau pendidikan formalnya," ungkapnya.

Hal itu Ia sampaikan saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Gerakan Membangun Pendidikan Kesetaraan Desa (Gempita Desa) bagi Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Lumajang tahun 2020, di Gedung KGY Kecamatan Yosowilangun, Selasa (3/11).

Sekda menambahkan, program Gempita Desa merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam meningkatkan IPM di sektor pendidikan, karena IPM Kabupaten Lumajang hingga saat ini masih berada pada urutan ke 36 dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. (fit)