Empat Desa di Lumajang Kekosongan Kades Definitif

Plt Kepala DPMD Lumajang, Dadang Arifin
Lumajang, Motim - Dari 198 desa di Kabupaten Lumajang, ada sejumlah desa yang masih mengalami kekosongan kepala desa (kades) definitif sampai saat ini. Pihak Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (DPMD) Lumajang menyebut, kekosongan kades definitif terjadi di 4 desa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD Lumajang, Dadang Arifin mengatakan, 4 desa itu diantaranya, Desa/Kecamatan Sumbersuko, Desa Grati Kecamatan Sumbersuko, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, dan Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung.

Desa yang baru saja mengalami kekosongan kades definitif adalah Desa Grati. Seperti dieketahui, kades sebelumnya, Ismantoro secara resmi telah diberhentikan karena diduga melakukan sejumlah pelanggaran.

Untuk sementara waktu desa tersebut akan diisi oleh Penjabat (Pj) Kades. Sementara desa lainnya sudah disi oleh Pj Kades. Yang baru saja dilantik adalah Pj Kades Sumbersuko, Rabu (25/11).

Pj Kades dilantik untuk mengisi kekosongan sampai ada kades definitif dilantik. Dadang menegaskan, desa yang mengalami kekosongan kades definitif bisa dilakukan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

“Jika masa jabatan definitif masih tersisa 1 tahun, akan dilakukan PAW,” ucapnya.

Untuk PAW, kata dia, akan dilaksanakan sesuai mekanisme. Ada sejumlah regulasi yang mengatur. diantaranya terkait pembentukan panitia pelaksanaan PAW. “Pembentukan panitia kepala desa antar waktu memperhatikan situasi dan kondisi di wilayah tersebut,” pungkasnya. (fit)