ERCI Jember Raya Chapter Turut Hijaukan Desa Papringan

ERCI Jember Raya Chapter Turut Hijaukan Desa Papringan
Foto bersama seusai penanaman pohon
Lumajang, Motim - Kegiatan konservasi hutan lindung yang diadakan oleh Karang Taruna Harapan Bangsa di Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Lahan Perhutani Petak 20b, RPH Ranupakis, BKPH Klakah didukung oleh Ertiga Club Indonesia (ERCI) Jember Raya Chapter dan Memo Timur Biro Lumajang bersama beberapa komunitas pecinta lingkungan lainnya.

Ketua ERCI Jember Raya Chapter, Alief Fauzan melalui MJ. Choir menyampaikan terimakasih, karena telah mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bekerja sama dalam melakukan penghijauan. “Saya ucapkan terimakasih kepada Karang Taruna Harapan Bangsa atas terselenggaranya acara penanaman 5000 pohon,” ucapnya, Sabtu (14/11/20).

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan sumber mata air di Desa Papringan. Sebelumnya desa tersebut diketahui mempunyai sumber mata air yang melimpah ruah. Namun sejak banyak pohon yang ditebang, akibatnya hanya tinggal sedikit sumber mata air yang masih mengalirkan air.
ERCI Jember Raya Chapter Turut Hijaukan Desa Papringan

“Saat ini di Desa Papringan hanya ada 3 sumber mata air, dan itu pun debit airnya sangat kecil dan tidak mencukupi kebutuhan warga sekitar. Tadi kita melakukan penanaman pohon seperti Alpukat, Durian, Manggis, Pucung, dan Pohon Salam,” jelasnya.

Menurutnya, penanaman pohon berbagai jenis dimaksudkan agar ketika hujan, akar tanaman pohon yang ditanam mampu menyerap dan menyimpan air dalam jumlah banyak. “Kita sengaja memilih berbagai macam pohon buah, selain bisa diambil buahnya juga akar pohon ini mampu menopang air dalam jumlah banyak,” tambahnya.

Agar tercipta ekosistem yang seimbang di dalam hutan, ia mengaku memilih menanam berbagai jenis pohon buah. “Jika kita tanam pohon alpukat saja, yaa bisa banyak ulat daunnya nanti,” katanya dengan humor.

MJ. Choir berharap agar komunitas-komunitas yang lain juga turut bergerak demi hijau dan lestarinya hutan sekitar. “Mudah mudahan kedepan, sinerginya terus berkelanjutan, sehingga ERCI dimana-mana bisa membantu menghijaukan hutan. Sehingga banyak orang yang bisa merasakan manfaat dari kegiatan penghijauan ini,” harapnya.(cw7)