Isi Kekosongan, Wabup Lumajang Lantik Pj Kades Sumbersuko

Isi Kekosongan, Wabup Lumajang Lantik Pj Kades Sumbersuko
Wabup lantik Pj Kades Sumbersuko
Lumajang, Motim - Pemerintahan Desa/Kecamatan Sumbersuko sempat mengalami kekosongan pimpinan. Karena Kepala Desa sebelumnya, Imron telah meninggal dunia pada 18 Oktober lalu. Untuk sementara, kursi pimpinan diisi dengan Penjabat (Pj) Kades.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati telah melantik Syaiful sebagai Pj Kades Sumbersuko, Rabu (25/11). Syaiful akan menjabat sampai adanya kades definitif terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

Indah pun mengingatkan, Pj Kades maupun Kades definitif harus bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dengan bebagai pihak terkait harus kerap dilakukan agar pemerintahan di desa berjalan dengan bagus tentunya.

“Bisa berdiskusi dengan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), sama dengan kades-kades yang lain, dengan asisten pemerintahan. Supaya secara aturan, bisa menjalankan tugas dengan baik. Tidak melanggar aturan,” ungkapnya.

Wabup menambahkan, setiap kades harus inovatif dengan caranya masing-masing. Diantaranya bisa mengadopsi program yang bagus dari desa lainnya. “Meniru boleh, kita meniru kabupaten lain, dan modifikasi dengan cara kita,” ucapnya.

Indah mencontohkan, Lumajang kaya akan potensi wisata alam. Tinggal desa yang memiliki potensi tersebut bisa mengelolanya dengan maksimal. Ditambah harus bisa menggerakan masyarakat, agar bisak ikut merasakan manfaatnya.

“Kita ini banyak destinasi wisata alam, tinggal kita mengelolahnya,” pungkasnya. (fit)