Penilaian Lomba Pawon Urip Mulai Dilakukan

Penilaian Lomba Pawon Urip Mulai Dilakukan
Penilaian Lomba Pawon Urip

Lumajang, Motim - PKK Lumajang telah menggelar Lomba Pawon Urip tingkat Kabupaten. Penilaiannya pun mulai dilaksanakan. Seperti yang terlihat di RW 3 Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Rabu (4/11).

Ketua Pokja III TP PKK Kabupaten Lumajang, Tri Retna Setijaningsih menjelaskan, lomba ini digelar untuk memberikan semangat untuk membangkitkan Pawon Urip. Selain tingkat kabupaten, ada kecamatan yang mengadakan Lomba Pawon Urip tingkat kecamatan sendiri.

"Alhamdulillah, ternyata gagasan dari ibu Ketua TP PKK Lumajang mendapatkan respon baik oleh kecamatan, desa dan kelurahan untuk mengikuti lomba tersebut,” ucapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah mengungkapkan, Pawon Urip merupakan inisiasi dari pihaknya, untuk mengatasi permasalahan di bidang pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Inisiasi ini bermula ketika ada inovasi dari pemerintah terkait Ngeramut Tonggo, untuk bergotong royong bersama masyarakat dalam membantu warga yang terdampak Covid-19," ungkapnya.

Ia mengharapkan agar masyarakat tetap tangguh serta menjaga sifat gotong royong di lingkungannya, salah satunya yakni menggelorakan dan mengelolah lahan Pawon Urip secara bersama.

"Salah satu tujuan inisiasi Pawon Urip yakni untuk bagaimana rasa kegotongroyongan menghadapi pandemi itu tetap ada di masyarakat," harapnya. (fit)