Perhutani akan Lakukan Penghijauan di 7 Desa

Perhutani akan Lakukan Penghijauan di 7 Desa
Asper BKPH Klakah, Soebagio Aries

Lumajang, Motim - Perhutani Lumajang kembali berencana melakukan penghijauan. Rencananya, dalam waktu dekat penghijauan akan dilaksanakan di 7 desa yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang. Penghijauan tersebut diantaranya bertujuan untuk menyelamatkan sumber mata air.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Klakah, Soebagio Aries menyampaikan, adapun 7 desa itu, yakni Desa Ranuyoso, Ranu Bedali, Sumberpetung, Papringan, Sumberwringin, Wonorejo, dan Kalipenggung.

Dalam penghijauan tersebut, pihaknya akan melibatkan banyak pihak. Mulai dari komunitas, pemerintah desa, Muspika, bahkan para pendeta. “Perhutani akan merangkul kepala desa, LMDH, tokoh masyarakat,” ucapnya, Selasa (3/11).

Penghijauan yang akan dilaksanakan mendatang, ada banyak jenis bibit pohon yang akan ditanam, utamanya buah-buahan. Selain bibit pohon dari Perhutani, pihak yang terlibat juga ada yang menyumbang bibit pohon juga.

“Kalau dari kami, siap 500 sampai 1.000 bibit pohon buah-buahan,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk penghijauan yang akan dilaksanakan di Desa Wonorejo akan difokuskan di area Sendang Wiraraja. Dalam kesempatan itu, akan lebih banyak pihak yang dilibatkan dibandingkan dengan yang lainnya.

Bahkan kata Aries, rencananya dalam penghijauan ini juga akan mengundang jajaran dari Musywarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Lumajang. (fit)