Rasa Gotong Royong Perlu Diungkit kembali di Tengah Pandemi

Rasa Gotong Royong Perlu Diungkit kembali di Tengah Pandemi
Penilaian Lomba Pawon Urip di Desa Kabuaran, Kecamatab Kunir

Lumajang, Motim - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq menyampaikan, gotong royong serta kepedulian terhadap sesama perlu diungkit kembali di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu pihaknya menggalakkan Program Pawon Urip.

Menurutnya, Pawon Urip untuk mengajak masyarakat berdaya dan mandiri dalam ketahanan pangan dan gizi keluarga. Bahkan agar masyrakat semangat, PKK telah menggelar Lomba Pawon Urip.

"Masyarakat bisa berdaya secara mandiri, dengan Pawon Urip masyarakat diajak menanam sayur, buah dan bumbu dapur atau rempah-rempahan, jadi untuk kebutuhan dapur kebutuhan gizi keluarga tidak perlu belanja," ujarnya saat penilaian Lomba Pawon Urip di Desa Kabuaran, Kecamatan Kunir, Senin (9/11).

Ia menjelaskan, Penilaian Lomba Pawon Urip Tingkat Kabupaten dilaksanakan mulai tanggal 2-18 November 2020. "Yang kita lihat adalah kebersamaan masyarakat dan nilai kemanfaatan oleh masyarakat dengan adanya Pawon Urip ini yang menjadi penilaian yang paling penting," ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, salah satu indikator dalam penilaian lomba ini adalah pengelolaan limbah plastik. Ia berharap dengan adanya Pawon Urip ini, masyarakat tidak hanya tahan pangan dan gizi namun juga turut serta membantu Pemkab Lumajang mengurangi penggunaan sampah plastik.

"Salah satu indikator pelayanan bagaimana ditingkatkan ada kolaborasi pawon urip dengan program merak berlipstik atau mengajak rakyat bersihkan limbah plastik yakni dengan mengurangi limbah plastik, menggunakan sampah rumah tangga sebagai tempat tanam," harapnya. (fit)