Sirkuit Ajung Dibangun Patungan, Siap Cetak Pembalap Berprestasi

Sirkuit Ajung Dibangun Patungan, Siap Cetak Pembalap Berprestasi
Jember, Motim - Komunitas sepeda motor Ajung, membangun arena sirkuit motocross bertempat di wilayah Dusun Curah Wellutty, Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

Pembangunan arena sirkuit seluas 19.000 M2 ini informasinya menelan anggaran sebesar Rp. 45.000.000 (Empat Puluh Lima Juta Rupiah) dan rampung dikerjakan selama satu bulan.

Seperti yang disampaikan oleh Alief Fauzan kepada sejumlah awak media. Ia menuturkan, di Jember cukup banyak potensi pembalap motocross yang sudah malang melintang di dunia balap. Sehingga untuk mengakomodasi hobby mereka itu, komunitas sepeda motor Ajung Jember memberikan wadah dengan membangun sirkuit.

“Untuk menyalurkan bakatnya itu, para pembalap muda ini kebingungan, karena di Jember sendiri tidak ada sirkuit khusus motocross. Sehingga kami melakukan pembangunan ini,” tuturnya kepada sejumlah awak media.

Ia menambahkan, selama ini tidak sedikit pembalap motocross asal Jember harus rela latihan ke sirkuit di Kabupaten Pasuruan, juga ke sirkuit Kabupaten Banyuwangi, dengan cara bergabung dengan pembalap setempat.

“Dulu di Jember ini ada beberapa sirkuit, semisal di daerah Panti juga Puger. Tapi sudah lama dikosongkan,” imbuhnya.

Berangkat dari situlah, dirinya bersama para penghoby motocross Jember seperti Bang David, Wiwid dan Untung, berembuk untuk membangun arena sirkuit motocross secara patungan. Ia berharap para pembalap motocross asal Jember khususnya, bisa menyalurkan bakatnya dengan baik sehingga bisa mencetak prestasi yang bisa mengharumkan nama Jember.

“Kesepakatan kami berempat membangun sirkuit secara patungan itu kemudian dibahas dengan warga setempat, ternyata masyarakat sangat mendukung, ya terus kita bangun mas,” katanya.

Pada kesempatan ini dirinya berharap, pemerintah daerah bisa merespon terkait dengan cabang olah raga kuda besi ini. Ia mengaku miris, sekelas Kabupaten Jember diakui masih kalah dengan Kabupaten Lumajang dan juga Banyuwangi yang sudah memiliki arena sirkuit motocross.

Bahkan kata Alief, beberapa pembalap motocross asal Lumajang dan Banyuwangi dan kota lainnya sering berlaga ditingkat Nasional. Dibangunnya sirkuit Ajung ini dirinya bisa mencetak pembalap prestasi yang tembus ditingkat nasional.

“Mudah-mudahan pemerintah tanggap sehingga upaya kita ini membuahkan hasil, karena dengan adanya sirkuit ini, sedikit banyak turut membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya. (cho)