Terdampak Pandemi, Sektor UMKM Diupayakan Cepat Bangkit

Terdampak Pandemi, Sektor UMKM Diupayakan Cepat Bangkit
Produk UMKM Lumajang

Lumajang, Motim - Sektor UMKM menjadi fokus perhatian Pemkab Lumajang agar cepat bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah ekspansi produk menuju market atau pasar.

"Kita fokus menggerakkan perekonomian sektor bawah, terutama sektor UMKM bisa kembali tumbuh dan bergerak," ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

Ia mencontohkan beberapa produk hasil kekayaaan alam Lumajang yang masih belum dioptimalkan pemasarannya, seperti Klengkeng Kateki, Kelapa Muda dan Coffee Wine. Padahal menurutnya banyak potensi Kabupaten Lumajang yang marketable.

Bupati menilai, hal ini harus ada intervensi untuk meningkatkan value atau nilai dari produk serta mempertemukannya dengan pasar yang lebih luas. "Ini klengkeng yang jika diperbandingkan dengan klengkeng impor jauh kualitasnya masih bagus klengkeng kateki, tetapi masih belum menjangkau pasar yang luas, kalau ini menjadi semacam produk yang bisa saling menguatkan saya yakin ini marketable," jelasnya.

Lebih lanjut, bupati menjelaskan berbagai upaya dilakukan agar sektor UMKM kembali tumbuh seperti halnya akan didirikannya Mall Pelayanan Publik yang tergabung dengan Mall UMKM. Selain itu, salah satu solusi untuk mengoptimalkan pemasaran produk Lumajang adalah dengan mendekatkan produk dengan pasar melalui pasar online.

"Ini saya kira yang hari ini pasar lebih didekatkan, salah satunya melalui pasar online atau marketplace, salah satunya aplikasi Bantu Ibu yang membantu para pedagang atau wlijo melalui sebuah sistem, kita bekerjasama dengan ojek online lokal, tidak hanya sekedar memasarkan produk yang sekedarnya, tetapi memasarkan produknya lebih luas," pungkasnya. (fit)