14 Kecamatan Komitmen Laksanakan Gerakan Stop BABS

Lumajang, Motim - Kecamatan Sukodono tercatat sebagai wilayah administratif pemerintahan ke-14 yang telah melaksakanakan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) di Kabupaten Lumajang.

“Sukodono merupakan kecamatan ke 14 yang sudah mendeklarasikan diri terbebas dari perilaku masyarakat buang air besar sembarangan dari 21 kecamatan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono saat memberikan arahan dalam kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kecamatan Sukodono, bertempat di Pendopo Kantor Camat Sukodono, Rabu (23/12/2020).

Diharapkan agar ke depan tujuh kecamatan yang belum ODF dapat didorong agar terbebas dari perilaku masyarakat Buang Air Besar Sembarangan. Oleh karena itu, dirinya juga berharap agar dalam waktu dekat, tujuh kecamatan yang belum ODF dapat segera tuntas ODF 100 persen.

“Dari 21 kecamatan di Lumajang, sudah ada 14 kecamatan yang telah ODF 100 persen, sisanya tinggal 7 kecamatan lainnya yang belum ODF. Untuk itu, harus kita pacu bersama sehingga Kabupaten Lumajang akan benar-benar terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Lumajang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala desa maupun aparatur lainnya di wilayah Kecamatan Sukodono atas partisipasinya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kepala desa dan semua pihak yang mendukung terwujudnya ODF di Lumajang. Mudah-mudahan ke depan tidak akan ada lagi masyarakat yang buang air sembarangan,” harapnya. (fit)